Surat Formal dan Surat Informal
Surat Formal Dan Surat Informal
Surat Formal
Surat formal disebut
juga surat resmi. Pesan yang tertulis dalam surat resmi umumnya menggunakan
bentuk surat yang biasanya dipakai oleh lembaga atau instansi tertentu. Surat
formal digunakan untuk kepentingan resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi;
misalnya undangan, surat edaran, surat pemberitahuan, dsb.
Surat formal
memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Surat ditulis menggunakan kop surat yang menjelaskan organisasi atau instansi yang mengeluarkan surat tersebut.
- Terdapat nomor surat, lampiran dan perihal yang jelas.
- Menggunakan salam pembuka dan salam penutup yang lazim.
- Menggunakan ragam bahasa resmi.
- Menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi terkait.
- Memiliki aturan format yang baku pada setiap bagiannya.
Struktur surat resmi
- Memiliki
kepala surat (kop)
- Nama
penerima
- Salam
pembuka
- Content
(isi)
- salam
penutup
- Pengirim
Surat.
Surat formal memiliki
beragam jenis sebagai berikut :
1. Surat Niaga
Surat niaga merupakan surat resmi yang digunakan bagi badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga seperti industri dan usaha jasa. Surat ini sangat berguna dalam membangun hubungan dengan pihak luar sehingga harus disusun dengan baik. Macam surat niaga diantaranya adalah surat jual beli, surat penawaran dan surat penagihan.
Surat niaga merupakan surat resmi yang digunakan bagi badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga seperti industri dan usaha jasa. Surat ini sangat berguna dalam membangun hubungan dengan pihak luar sehingga harus disusun dengan baik. Macam surat niaga diantaranya adalah surat jual beli, surat penawaran dan surat penagihan.
2. Surat Dinas
Surat dinas merupakan surat resmi yang digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini berperan penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu instansi yang berfungsi sebagai dokumen bukti tertulis, alat pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi.
Surat dinas merupakan surat resmi yang digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini berperan penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu instansi yang berfungsi sebagai dokumen bukti tertulis, alat pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi.
Surat Informal
Surat
informal disebut juga surat pribadi yang digunakan untuk kepentingan pribadi.
Surat pribadi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Tidak menggunakan kop surat.
2. Tidak mencantumkan nomor surat.
3. Menggunakan salam pembuka dan salam penutup yang bervariasi.
4. Menggunakan bahasa bebas, sesuai keinginan penulis surat.
5. Tidak memiliki aturan format yang baku.
2. Tidak mencantumkan nomor surat.
3. Menggunakan salam pembuka dan salam penutup yang bervariasi.
4. Menggunakan bahasa bebas, sesuai keinginan penulis surat.
5. Tidak memiliki aturan format yang baku.
Daftar Pustaka :
Komentar
Posting Komentar